Friday, 4 June 2010

TUTORIAL PHOTOSHOP : MEMBUAT EFEK 3D DENGAN "LIGHTING EFFECT"


Dengan Adobe photoshop, Efek 3D bisa dibuat dengan bermacam cara. Salah satunya pake lighting effects. Coba deh… keren banget pokokna mah…

pertamax, buat dokumen baru ukuran seperi ini :

Background pake warna biru tua, terus bikin huruf O pake font sejuta umat ”times new roman” warna biru muda.

langsung klik kanan layer huruf O tadi klik rasterize layer. Lalu CTRL+click maka huruf O tadi akan terseleksi. Klik layer mask seperti gambar dibawah.

klik channel palette, yang letaknya sebelah layer palette. contreng RGB, red, green, blue di hilangin, nya Tekan CTRL+clik di O - mask, bukan omas.. hehehe..

nah setelah O nya terseleksi, klik filter -> blur > gaussian blur.

radius nya kasih angka 9 yaa..

Ulangi langkah pem-blur-an ini dengan radius 6 terus 3 terus 1.

setelah selesai.. kembali ke layer palette. tekan layer O nya. supaya berubah kembali warna nya menjadi biru. tekan CTRL+D untuk menghilangkan seleksi.

Klik filter > render > lighting effects. setting seperti gambar dibawah :

hasilnya begini :

Untuk mempertegas 3D nya pake drop shadow. Klik kanan layer O trus klik blending option, klik drop shadow. setting seperti gambar dibawah :

hasilnya :

keren kan?? coba di Zoom deh , keliatan contour nya, itu dari efek lightning.

SELAMAT MENCOBA...


SUMBER: ILMU PHOTOSHOP

0 comments:

Post a Comment

 

Reader Community

Banner Kawan

C L U B Y R - X Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template