Saturday, 19 February 2011

Cara Membuat Daftar Isi Blog

Hai Sahabat Blogger, apa kabar??? dah lama gak bersua. Makhlumlah, Akhir-akhir ini saya lagi sibuk dengan urusan Kuliah. Tapi sekarang saya gak lagi sibuk dengan urusan semacam itu, karena saya sudah menyandang gelar S1.

Oke, dah on ne... Saya mulai cakap ya... Silahkan simak baek-baek.

Coba anda lihat pada bagian Menu Navigasi Blog ini,disana ada kata yang bertulis Daftar isi, dan jika anda meng-kliknya, maka akan ditampilkan daftar isi/daftar postingan dari Blog ini,silahkan klik disini untuk melihat daftar isi Blogkomputers,hari kamis yang lalu teman saya yang bernama Aan menanyakan masalah yang sama,cara membuat daftar isi,dan saya telah menunjukanya langsung dan alhamdulillah berhasil dibuat.

Mungkin diluar sana masih banyak teman-teman saya yang belum tahu caranya, untuk itu saya berinisiatif untuk menulisnya di Blog supaya dapat dibaca oleh teman2 yang lain,baiklah kita langsung saja ke topic permasalahan, So..buat anda yang ingin tau cara buat daftar isi blog ini, silahkan ikuti langkah - langkahnya :

Langkah pertama

Login di Blogger dengan ID anda kemudian langsung menuju ke edit html.di tab Template Jangan lupa kasih tanda centang pada kolom expand template widget.

Selanjutnya, cari kode html berikut :atau yang mirip dengan kode tersebut:

<b:include data='post' name='post'/>

Jika sudah ketemu, hapus kode tersebut dan ganti dengan kode dibawah ini :

<b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'>
<b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>
<a expr:href='data:post.url'>
<div style="padding:5px;border-right:1px solid #ebebeb;
border-bottom:1px solid #ebebeb;margin-bottom:5px;background:#f2f2f2;">
<data:post.title/></div></a>
<b:else/>
<b:include data='post' name='post'/>
</b:if>
<b:else/>
<b:include data='post' name='post'/>
</b:if>

Kemudian save template.

Langkah kedua

Untuk langkah yang ke-2,membuat sebuah Link yang akan menampilkan daftar isi Blog, anda bisa menempatkannya di Sidebar blog anda, atau anda bisa meletakannya di Menu Navigasi seperti pada blog ini,tapi itu semua terserah anda ingin menempatkanya dimana, yang penting link tersebut harus tampilan pada halaman blog anda,berikut Link-nya

<a href="http://NamaBlog.blogspot.com/search?max-results=200">Daftar isi Blog</a>

Ganti teks yang berwarna merah dengan nama blog anda dan angka 200 menunjukan jumlah postingan yang ingin ditampilkan,kalo sudah Save Template anda.

Oke deh, Semoga postingan ini bermanfaat buat temen-2.

0 comments:

Post a Comment

 

Reader Community

Banner Kawan

C L U B Y R - X Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template